Jakarta. SPM UNJ. Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 16 Maret s.d 17 Maret 2021 mengadakan acara dengan tema “Pelatihan Asesor Internal ”oleh Satuan Penjaminan Mutu (SPM-UNJ), dengan narasumber adalah Dr. Ir. Hisar Sirait, M.A. ( Rektor Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie) serta fasilitator kegiatan Prof. Dr. Fachrurrozi, M.Pd. dan Dr. Mohamad Rizan, M.M melalui platform Zoom dan dapat dilihat melalui laman youtube SPM-UNJ dengan link youtube yang dapat diakses melalui  https://youtu.be/UULKiwTxzIk

         Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjut dengan doa pembukaan oleh Dr. Mohamad Rizan, M.M. Kemudian penyampaian oleh ketua SPM UNJ, Dr Karnadi , kegiatan kita ini berdasarkan dari pengalaman kita kemarin mengadakan akreditasi institusi ternyata bahwa asesor internal keberadaanya sangat di perlukan  untuk UNJ dalam rangka untuk menyambut, meningkatkan dan melaksanakan apa yang menjadi IKU agar membantu prodi yang dimana nanti setiap prodi dapat terfasilitasi yang belum” A” menjadi “ A” dan yang sudah  bisa di dorong untuk meningkatkan kualitasnya, dan juga tahun ini kita akan melaksanakan akreditasi internasional serta mempertahankan kualitas kita yang sudah “Unggul”  bukan hanya akreditasinya saja melaikan layanannya juga masing- masing prodi kita memberikan yang terbaik untuk UNJ kedepan.

 

                Sambutan sekaligus membuka pelatihan oleh Prof. Dr. Komarudin, M.Si. Rektor UNJ, Peningkatan mutu akademik akreditasi bagi Universitas Negeri Jakarta sangatlah penting dalam upaya mempertahankan akreditasi Unggul yang baru saja kita peroleh dan sekaligus mewujudkan universitas yang bereputasi di kawasan asia, perjuangan untuk memperoleh akreditasi unggul cukup panjang bukan satu tahun, dua tahun tapi lebih dari itu saya kira ini berkat kerjasama kita semuanya dan salah satu komponen utama di dalam itu adalah Satuan Penjaminan Mutu, dan tentu saja akreditasi unggul universitas atau perguruan tinggi harus di topang oleh keunggulan dari program studinya tanpa kenggulan dari program studinya maka menjadi kosong dan hampa karena sesungguhnya proses akademik ada di program studi oleh karena itu saya menyambut baik upaya pelatihan yang dilakukan oleh Satuan Penjaminan Mutu agar proses penjaminan mutu berserta proses-proses audit dan nantinya akreditasi itu menjadi budaya yang berkembang di Universitas Negeri Jakarta ini harapan kami yang senang tiasa di tumpahkan di Universitas Negeri Jakarta

Kalo asesor tersebar di berbagai fakultas paling tidak sebagai asesor itu mempunyai tanggung jawab moral untuk menata mengelola di program studinya masing-masing dan bisa mengawal proses penjaminan mutu itu berlangsung di prodi masing-masing dan penjaminan mutu ini harus menjadi budaya, menjadi bagian-bagian dari proses proses ,jika itu berhasil saya yakin untuk akreditasi perguruan tinggi selanjutnya kita tidak kita akan sulit . Paling tidak dalam pelatihan ini saya mengaharapkan tiga hal pertama sebagai pemenuhan SDM SPMI , kedua bagian dari upaya upgareding bagi para asesor dan auditor dengan ketentuan yang baru , yang ketiga kegiatan ini sebagai upaya menyempurnakan tatakelola dan fungsi dari sistem penjaminan mutu UNJ .

 

Hari pertama paparan narasumber tentang materi kali ini,  oleh narasumber Dr. Ir. Hisar Sirait, M.A. ( Rektor Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie)

 

 

Dilanjut tutorial dan diskusi penilaian asesmen kecukupan akreditasi program studi oleh Pendamping/Fasilitator :  Prof. Dr. Fachrurrozi, M.Pd dan  Dr. Mohamad Rizan, M.M.

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2018-2021 Satuan Penjaminan Mutu, Universitas Negeri Jakarta

Log in with your credentials

Forgot your details?