Kegiatan Visitasi atau Asessment Lapangan (AL) Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) UNJ pada tanggal 25-26 Januari 2021 telah berjalan dengan baik, dihadiri oleh 6 Asesor dengan didampingi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  BANPT

 

Adapun 6 asesor tersebut adalah:

Drs. Johan Andoyo Effendi Noor, M.Sc.,Ph.D  – Universitas Brawijaya

Dr. Ir. Suhanan, DEA – Universitas Gadjah Mada  (sebagai Anchor)

Prof. Dr. Muslimin, BA. M.Pd – Universitas Negeri Surabaya

Prof Dr. Indra Maipita, S.Pd., M.Si., Ph.D  – Universitas Negeri Medan

Dr. Indriaty Sudirman., SE., M.Si.  – Universitas Hasanuddin

Prof. Dr.Seger Handoyo. – Universitas Airlangga

 

Acara demi acara berjalan sesuai schedule berjalan dengan baik. Learning yang bisa didapat dari 2 hari proses Akreditasi Perguruan Tinggi( APT)  amatlah berharga untuk semua pihak, terutama dalam penyelenggaraan, pengelolaan Perguruan Tinggi  yang baik.

Dengan Visi UNJ yakni menjadi universitas yg bereputasi di Asia, maka perencanaan melalui RSB, RPJP, dan milestone yg dibuat akan menjadi lebih konkrit dan terukur dengan lebih baik, sehingga terwujud hingga saatnya.

Terdapat 9 kriteria BANPT yang menjadi bahan evaluasi untuk penetapan status akreditasi, yakni meliputi : kriteria (1) visi, misi, tujuan dan strategi, kriteria (2) Tata kelola, Tata Pamong, Kerjasama dan Penjaminan Mutu, kriteria (3) Mahasiswa dan Alumni, kriteria (4) SDM, kriteria (5)Keuangan dan Sarpras, kriteria (6) Pendidikan, kriteria (7)Penelitian, kriteria (8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan kriteria (9) Capaian dan Luaran Tridharma.Banyak pertanyaan dan diskusi mengalir sepanjang 1 hari pertama, suasana menjadi hidup dan berwujud sebuah atmosfer akademik yang berkualitas. Integritas dan komitmen pimpinan terhadap Penjaminan Mutlak adanya, bahkan menjadi syarat mutlak untuk akreditasi perguruan tinggi yang unggul. Semoga UNJ mampu mencapat predikat akreditasi tersebut.

Copyright © 2018-2021 Satuan Penjaminan Mutu, Universitas Negeri Jakarta

Log in with your credentials

Forgot your details?