Jakarta. SPM UNJ. Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 02 Oktober 2020 mengadakan acara dengan tema “Pengembangan Manajemen Risiko Sebagai Sebuah Standar Perguruan Tinggi ”oleh Satuan Penjaminan Mutu (SPM-UNJ), dengan narasumber adalah Dr. Wonny Ahmad Ridwan, SE.,M.M. (Dosen Sekolah Vokasi IPB University) melalui platform Zoom dan dapat dilihat melalui laman youtube SPM-UNJ dengan link youtube yang dapat diakses melalui  https://youtu.be/w4vK9amvxsM

Acara dimulai dengan penyampaian oleh ketua SPM UNJ, Dr Karnadi , beliau menyampaikan tentang pengembangan manajemen reisiko, resikonya sudah terdajadi dan sekarang bagaimana kita  mensiasati dengan situasi yang semacam ini saya kira memang mau tidak mau di setiap perguruan  harus  ada tentang pengelolaan manajemen risiko dan sekarang menjadi bagian tidak terpisahkan dari pengembangan diri kita masing masing, bahkan di dalam diri kita , didalam tugas-tugas kita sebagi dosen sebagai tugas tambahan di UNJ juga banyak yang sudah harus melakukan pengelolaan  manajemen risiko .

Sisi lain SPM yang di koordinasikan juga sedang mengkonstruksi kembali atau merevisit tentang standar-standar yang aktif terhadapat perubahan merdeka belajar, mudah-mudahan ini parallel dan  saling melengkapi untuk kita. Begitu juga dengan teman-teman GPjM dan Para Auditor  saya kira akan bekerja dengan tugas hari H nya sudah memasukan dan sudah  menggabungkan bagaimana pola manajemen risiko yang ada setiap unit . Sehingga kita bias lebih update dan bisa berubah untuk menghadapi  situasi apapun yang akan terjadi , segingga hasil pembelajaran dan pendidikan kita bisa bermanfaat untuk  bangsa Negara dan institusi kita

Kemudian paparan narasumber tentang materi kali ini,  oleh narasumber Dr. Wonny Ahmad Ridwan, SE.,M.M.

Manajemen Risiko & Standar Perguruan Tinggi:

  1. Pengeritian Risiko
  2. Ketidakpastian
  3. Klasifikasi Ketidakpasatian
  4. Macam Risiko Menurut Sifatnya
  5. Pengalihan Risiko
  6. Sumber Risiko
  7. Regulasi Manajemen Risiko
  8. Mahzab Manajemen Risiko
  9. ISO 31000 Vs Coso ERM
  10. ERM
  11. 3 Lini Pertahanan
  12. Ciri ERM
  13. Risiko-Risiko Di Perguruan Tinggi
  14. Sistem Penjaminan Mutu Sebagai ERM PT
  15. Model 3 LD di Perguruan Tinggi
  16. Salah Satu Model Peta Risiko
  17. Identifikasi Risiko
  18. Cascanding SIMAKER

Penutup dan kesimpulan oleh Dr. Wirda Hanim, M.PsiKadiv SPMI SPM-UNJ.

Risiko itu sendiri adalah mencakup  ketidakpastian dan manajemen risiko itu adalah bagaimana prosen menghitung ketidakpastian  itu dengan mengidentifikasi, nama kegiatan dan pemilik kegiatan siapa ,target nya apa dan sampai pada hal yang harus kita pertimbangkan sehingga yang paling penting adalah acuan kita kemana Standar Dikti atau BANPT .

Jadi tiga hal yang sangat penting itu ditetapkan siapa pemiliki resiko,siapa yang mengendalikan,dan siapa yang akan memeriksa resiko itu sehingga muncul dua model yang EMBADED dan Eksternal.

 

 

 

Copyright © 2018-2021 Satuan Penjaminan Mutu, Universitas Negeri Jakarta

Log in with your credentials

Forgot your details?