Universitas Negeri Jakarta adalah salah satu Universitas yang letaknya di Ibukota dan merupakan universitas yang menjadi tujuan para calon mahasiswa dari DKI Jakarta dan daerah.  Sebaagi salah satu Universitas Negeri yang diminati, pembenahan dalam semua aspek terus selalu diupayakan dalam peningkatan pelayanan dan kualitas bagi para stockholder.  Salah satu upaya perbaikan dan peningkatan mutu  adalah perbaikan pada  Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDDIKTI UNJ). Hasil PDDIKTI UNJ, di awal pada bulan Maret 2020 memiliki  nilai prosentase sebanyak 68,53% yang terdiri komponen  penilaian berupa data mahasiswa terstatus, data profil perguruan tinggi, profil prodi dan data dosen. Serta berdasarkan data per Maret 2020, pelaporan PDDIKTI UNJ berada pada angka 52% di semester 2019 semester ganjil. Guna peningkatan kualiatas PDDIKTI dilakukan upaya percepatan  dengan dukungan penuh Rektor UNJ, Dr Komarudin.   Pembentukan tim percepatan perbaikan  oleh tim Wakil Rektor 1; Tim  SPM UNJ;  Bakhum, dan Pustikom, bekerja sama dengan koordinasi para pimpinan Fakultas dan para admin PDDIKTI UNJ. Kegiatan percepatan perbaikan dilakukan dengan serangkaian kegiatan berupa:

Kegiatan diawali dengan paparan hasil evaluasi  tim kadiv data SPM UNJ terhadap kondisi PDDIKTI UNJ, pada bulan 12 Maret 2020 kegiatan dilakukan melalui arahan ketua SPM UNJ dan dihadiri  oleh para admin PDDIKTI dan GPJM Universitas. Hasil koordinasi rapat kemudian dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan berikutnya berupa (Gambar 1):

Gambar 1. Upaya perbaikan dan kevalidan data Pangkalan Data Perguruan Tinggi UNJ (PDDIKTI UNJ- 2020)

  1. Pada Tanggal 17 Juni 2020 dilakukan Webinar dengan Tema” Arti Penting dan Kualitas Data PDDIKTI dalam Mendukung Pemeringkatan Universitas,  pembicara pada kegiatan tersebut adalah Muhamad Hasan Chabibie., S.T., M.Si. dan Much Nur Rochim, S.Kom.
  2. Workshop pada tanggal 30 Juni- 1 Juli 2020 mengadakan acara workshop :Evaluasi dan Perbaikan Data PDDIKTI UNJ dengan menghadirkan pembicara berupa Much Nur Rochim, S.Kom dan Franova Herdiyanto, S.Kom, MTI. Pak Franova membantu UNJ dalam melakukan serangkaian kegiatan workshop yang mana dilakukan bedah data awal PDDIKTI UNJ.
  3. Workshop dengan tema PEMUTAKHIRAN DATA PDDIKTI DAN SISTER UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA pada tanggal 11-13 Juli 2020, acara pada tanggal 11-12 Juli 2020 mendapatkan dukungan dan support dari pimpinan Rektor Universitas Negeri Jakarta Dr Komarudin, Kegiatan dilanjutkan dengan Webinar dengan  menghadirkan Kembali pembicara Franova Herdiyanto, S.Kom, MTI pada tanggal 13 Juli 2020 (Gambar 2).

Gambar 2. Rangkaian kegiatan Webinar, workshop, dan input data para pejuang data UNJ

Upaya kerja keras yang dilakukan oleh semua komponen di lingkungan Universitas Negeri Jakarta membuahkan hasil yang sangat memuaskan.  Dalam waktu lima bulan, data pelaporan PDDIKTI UNJ mengalami peningkatan yang sangat mengembirakan yaitu berupa: Pada tanggal 13 Juli 10 Fakultas dan 1 Profesi telah melakukan update data Profil Prodi dengan 8 parameter yang terdapat dalam laman PDDIKTI berupa: Alamat Dan Email Serta Website; Deskripsi Singkat; Visi; Misi; Kompetensi Pendidikan; Capaian Pembelajaran; Update pimpinan Prodi dan upload SK terakhir pendirian prodi, telah semua diinput sehingga pertanggal 16 Juli 2020 hampir 100% seluruh Prodi (100+ 1 PPG) telah melakukan update profil Prodi dilaman PDDIKTI (Gambar 3).

Gambar 3. Data pelaporan PDDIKTI UNJ posisi pada update tanggal 15 Juli 2020

Capaian lain yang diperoleh adalah raport pelaporan PDDIKTI UNJ mengalami peningkatan prosentase yang sangat mengembirakan dengan nilai secara keseluruhan berada pada posisi 80.33% dan prosentase pelaporan PDDIKTI UNJ di semester 20191 mengalami peningkatan dari start awal 52% sekarang menjadi 100%. hanya hal ini sangat mengembirakan bagi seluruh civitas di Universitas Negeri Jakarta. Hal ini diharapkan merupakan start awal dalam pembenahan semua komponen dalam sistem data di Universitas Negeri Jakarta, sehingga visi dan misi dalam mengapai Universitas Negeri Jakarta yang  unggul di Asia, dan di tingkat internasional akan tercapai, dengan sistem data dan capaian civitas akademika yang selalu terjamin, kualitasnya melalui pengawasan yang dilakukan dengan sistem penjaminan mutu data yang terstandar (Penulis: DS- SPM-UNJ).

Log in with your credentials

Forgot your details?