Rabu, 28 Agustus 2019 di ruang meeting lt.8 Gd. Syafei UNJ dilaksanakan Workshop Persiapan Sertifikasi Internasional AUN-QA (Asean University Network-Quality Assesment). Dengan dihadiri 6 Dekan, 18 korprodi, 18 TPjM, dan 2 auditor SPMI tiap fakultas, dilaporkan oleh ketua LP3M Bpk Dr. Totok Bintoro, M.Pd dan dibuka oleh Plt WR1 Bidang Akademik Bpk. Dr. Achmad Ridwan, M.Si.Peserta nampak sangat antusias mengikuti kegiatan dengan baik dari pukul. 09.00-12.00 WIB  dengan paparan oleh Prof Satria Bijaksana, dosen ITB sekaligus asesor AUN-QA.

 

Bahwa “Workshop Persiapan Pengajuan Sertifikasi Internasional AUN-QA” mencatat sebagai berikut :

  • Bahwa Universitas Negeri Jakarta terus memperbaiki dan meningkatkan kapasitas menuju Visi sebagai Universitas yang bereputasi di kawasan Asia.
  • Universitas Negeri Jakarta memiliki 98 program studi, di mana 43 program studi terakreditasi Ban PT dengan nilai “A”. Kemudian terjaring menjadi 18 program studi (meliputi 8 Fakultas) yang disertakan di dalam persiapan pengajuan AUN-QA dengan kriteria : terakreditasi “ A” secara berturut-turut, memiliki kapasitas, integritas dan komitmen untuk upgrade membuka diri dengan dunia luar, memiliki sejumlah prestasi mahasiswa dan dosennya, serta keunggulan lain.
  • Pada kegiatan ini tiap prodi akan didampingi Korprodi, TPjM prodi dan auditor SPMI, dan juga Dekan fakultas terkait agar mendukung sepenuhnya.
  • Th 2019 ini akan dijadikan Tonggak Rekognisi Internasional dengan LP3M memberikan 11 bendera negara Asean untuk setiap prodi dan fakultas semata untuk menyemangati sehingga Roadmap peningkatan mutu kita dapat terakselerasi dengan baik.
  • Th 2019 ini merupakan langkah awal dengan telah mengirim 2 wakil UNJ utk mengikuti Pelatihan Tier 1 AUN-QA pada bulan Juli lalu, Kemudian dilanjutkan workshop persiapan AUN-QA pada hari ini yang dilanjutkan dengan menyusun Evaluasi diri dan persiapan lainnya, sehingga target 2020 akan dikirim/submit ke AUN-QA secara bertahap 18 prodi ini.
  • Semoga dengan segera ada Rektor baru UNJ, perjalanan Rekognisi Internasional akan ada sustainability yang baik.
  • Terima kasih pada Prof. Satria Bijaksana, dosen ITB sekaligus juga asesor AUN-QA yg memberikan wawasan, pengetahuan, trik serta langkah-langkah persiapan menuju sertifikasi Internasional AUN-QA.
  • Dan bahwa indikator internasional ini menjadi sangat dominan pada penilaian Ban-PT maupun pemeringkatan PT oleh kemristekdikti.
  • Untuk itu, terima kasih sekali lagi kepada semua pihak.
  • Adapun 18 Program Studi tsb adalah sebagai berikut :
  1. Pendidikan Ekonomi
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
  4. Pendidikan Sejarah
  5. Pendidikan Geografi
  6. Pendidikan Agama Islam
  7. Pendidikan Biologi
  8. Pendidikan Kimia
  9. Pendidikan Matematika
  10. Pendidikan Tata Boga
  11. Pendidikan Tata Busana
  12. Manajemen Pendidikan
  13. Teknologi Pendidikan
  14. PGSD
  15. Pendidikan Bahasa Indonesia
  16. Sastra Indonesia
  17. Penjas
  18. Pendidikan Psikologi

Copyright © 2018-2021 Satuan Penjaminan Mutu, Universitas Negeri Jakarta

Log in with your credentials

Forgot your details?